PROPOSAL
USAHA
“BAKSO
MERCON”

Disusun
oleh:
Wahid
nur ikhsan
XII
AV 2
30
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 YOGYAKARTA
2013/2014
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami telah berhasil menyelesaikan proposal usaha ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya .
Proposal usaha ini berisikan suatu gagasan usaha yang bergerak dalam bidang perdagangan bakso, yang Insya Allah akan bermanfaat bagi kami penyusunnya,dan pembaca pada umumnya.
Kami menyadari bahwa proposal usaha ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan proposal usaha ini.
Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan proposal usaha ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Aamiin.
Yogyakarta
, 5 Februari 2014
Penyusun
Penyusun
I.
LATAR BELAKANG
Seperti
kita ketahui bakso merupakan makanan favorit bagi masyarakat
Indonesia.
Umumnya bahan utama dari bakso adalah daging ( sapi, kambing,
dll ).
Dipilih daging, karena aroma dan rasa serta kekenyalannya yang sangat
meningkatkan
nafsu makan. Memang fakta membuktikan bahwa daging
sangat
menambah citarasa bakso. Melihat peminat bakso yang cukup banyak , maka kami
membuat varian bakso yang berbeda yaitu ”BAKSO
MERCO “. Bakso ini beda dari yang lain karena bakso memiliki rasa pedas.
II.
VISI
Menciptakan
usaha yang unggul dengan kualitas terbaik.
III.
MISI
Memberikan
kualitas yang terbaik
Memberikan
pelayanan terbaik
IV.
MANFAAT USAHA
a.
Manfaat
Ekonomi
usaha ini cukup menjanjikan,
karna keuntungan yang didapat cukup besar. Kamimenawarkan dan
memberikan kemudahan bagi pelanggan dengan memberikan harga yang murah tapi
dengan produk yang tidak murahan dengan kata lain kualitas produk selalu
dijaga dan dijamin kesehatannya. Dengan usaha ini diharapkan dapat
memberikan keuntungan.
b.
Manfaat
Masyarakat
Bagi
masyarakat yang suka makanan pedas makanan ini menjadi salah satu varianya ,
bagi masyarakat yang tdak suka pedas mkin bias menjadi suka setelah makan bakso
mercon ini.
V.
TUJUAN
Tujuan dari membuka usaha kecil roti goreng ini adalah:
• Mencapai target penjualan yang di inginkan
• Mengembangkan produk yang belum banyak di ketahui masyarakat
• Menambah pengalaman dalam menjual dan menawarkan produk makanan ini
Tujuan dari membuka usaha kecil roti goreng ini adalah:
• Mencapai target penjualan yang di inginkan
• Mengembangkan produk yang belum banyak di ketahui masyarakat
• Menambah pengalaman dalam menjual dan menawarkan produk makanan ini
VI.
ANALISA
S.W.O.T
a. STRENGHT (KEKUATAN).
- Bahan baku pembuatan bakso mudah di cari
- Pesaing yang tidak banyak, sehingga memungkinkan mengembangkan usaha.
- Bakso ini mempunyai cita rasa yang istimewa dan berbeda dari bakso lain
- Bahan baku pembuatan bakso mudah di cari
- Pesaing yang tidak banyak, sehingga memungkinkan mengembangkan usaha.
- Bakso ini mempunyai cita rasa yang istimewa dan berbeda dari bakso lain
b. WEIGHT NESS (KELEMAHAN)
- Menu bakso tidak dapat bertahan lama.
- Menu bakso tidak dapat bertahan lama.
c. OPPORTUNITY (KESEMPATAN)
- Para kopetitor pesaing yang tidak banyak dapat memungkinkan perluasan usaha
- Para kopetitor pesaing yang tidak banyak dapat memungkinkan perluasan usaha
d. TREAT (ANCAMAN)
-Munculnya pesaing yang lebih menjamin kualitasnya
- Para pesaing mengelola secara baik
- Munculnya rasa yang lebih unik dan menarik
-Munculnya pesaing yang lebih menjamin kualitasnya
- Para pesaing mengelola secara baik
- Munculnya rasa yang lebih unik dan menarik
VII.
PASAR
SASARAN
a.
Segmentasi pasar .
sasaran konsumen dalam usaha Bakso adalah mayarakat pada umumnya, lingkungan sekolahan, dan lingkungan kerja.
sasaran konsumen dalam usaha Bakso adalah mayarakat pada umumnya, lingkungan sekolahan, dan lingkungan kerja.
b.
Target pasar .
target yang akan menjadi sasaran untuk penjualan Bakso adalah lingkungan masyarakat umumnya semua kalangan yaitu penggemar kliner Bakso/makanan pedas.
target yang akan menjadi sasaran untuk penjualan Bakso adalah lingkungan masyarakat umumnya semua kalangan yaitu penggemar kliner Bakso/makanan pedas.
c.
Positioning .
Kami akan memposisikan produk Bakso ini dibenak konsumen sebagai makanan Bergizi, Halal, dan murah.
Kami akan memposisikan produk Bakso ini dibenak konsumen sebagai makanan Bergizi, Halal, dan murah.
VIII.
RENCANA
ANGGARAN BIAYA
Sewa tempat Min 1 Tahun
:
Rp 1.000.000,-
Meja & Kursi (6
pasang @ Rp 250.000,- )
Rp 1.500.000,-
Kipas Angin (4 buah)
@ Rp.150.000 :
Rp. 600.000,-
Gerobak serba guna
Rp. 3.000.000,-
Modal Awal Bahan
Makanan
Rp. 200.000,-
Spanduk, Brosur, dll
Rp 500.000,-
Mangkok, piring,
sendok, dll
Rp 500.000,-
Peralatan
memasak Rp 2.000.000,-
Rp.
9.800.000,-
PENUTUP
Hasil dari uraian proposal diatas
maka dapat disimpulkan bahwa peluang usaha Bakso Mercon ini baik dari segi ide, sasaran pasar, hingga
rencana financial memiliki prospek yang baik dunia bisnis dan masa depan.
Dalam
memulai suatu usaha pasti tidak terlepas dari adanya hambatan dan rintangan
yang terjadi. Khususnya hambatan yang dialami oleh usaha yang baru berdiri dan
baru mulai berjalan. Hambatan yang terbesar yang dialami USAHA MAKANAN adalah
sosialisasi dan promosi kepada masyarakat untuk menyatakan kalau usaha makanan
yang kita buat berbeda dengan usaha Bakso lainnya. Maka segmen pasar dari usaha
ini adalah masyarakat yang. Biasanya
mereka lebih memilih untuk memesan makanan daripada membuatnya sendiri dengan
alasan pertimbangan waktu dan tenaga..
Wassalamualaikum Wr.wb


0 komentar:
Posting Komentar